KOMPETENSI SPIRITUAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IMAN SISWA

Muharoma Chomsatul Farida, Unima Laia, Putri Rambu Sanja

Abstract


Seorang guru yang profesional dikarakterisasi oleh lima kompetensi, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi spiritual. Dalam konteks guru Pendidikan Agama Kristen (PAK), memiliki kompetensi spiritual dianggap sebagai hal yang sangat penting. Sebagai pendidik profesional, guru PAK memiliki tanggung jawab untuk membimbing dan mengarahkan siswa agar memahami Alkitab dengan benar serta meningkatkan pertumbuhan iman mereka. Guru PAK yang memiliki tingkat kompetensi spiritual yang tinggi juga berfungsi sebagai contoh yang baik bagi siswa. Oleh karena itu, guru PAK harus memenuhi standar kualitas rohani yang baik, termasuk memiliki kepribadian yang bertanggung jawab, berwibawa, mandiri, dan disiplin. Guru Pendidikan Agama Kristen yang memiliki kompetensi spiritual yang baik akan memiliki kemampuan untuk memengaruhi kehidupan siswa melalui proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di dalam kelas. Hal ini akan menyebabkan siswa mengalami pertumbuhan dalam iman mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana informasi yang diperoleh berasal dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan riset sebelumnya. Data yang dikumpulkan dari referensi-referensi ini dianalisis secara kritis dan mendalam untuk mendukung proposisi dan gagasan yang diajukan. Tujuan penelitian ini adalah dua. Pertama, memberikan penjelasan tentang hakikat kompetensi spiritual seorang guru Pendidikan Agama Kristen. Kedua, menjelaskan pentingnya kompetensi spiritual seorang guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan pertumbuhan iman siswa.

 

A professional teacher is characterized by five competencies, namely: pedagogic competence, social competence, personality competence, professional competence, and spiritual competence. In the context of Christian Religious Education (PAK) teachers, having spiritual competence is considered very important. As professional educators, PAK teachers have a responsibility to guide and direct students to understand the Bible correctly and promote their faith growth. PAK teachers who have a high level of spiritual competence also serve as good examples for students. Therefore, PAK teachers must meet good spiritual quality standards, including having a responsible, authoritative, independent, and disciplined personality. Christian Education teachers who have good spiritual competence will have the ability to influence students' lives through the learning process of Christian Education in the classroom. This will cause students to experience growth in their faith. This research uses qualitative methods, where the information obtained comes from various sources such as books, journals, and previous research. The data gathered from these references are critically and deeply analyzed to support the propositions and ideas put forward. The objectives of this study are twofold. First, it provides an explanation of the nature of spiritual competence of a Christian Education teacher. Second, explain the importance of spiritual competence of a Christian Education teacher in increasing students' faith growth.


Keywords


Kompetensi Spiritual, Guru, Pertumbuhan Iman, Siswa

Full Text:

PDF

References


Karo, Selamat Karo, ‘Hubungan Keteladananguru Pakdengan Pertumbuhan Spiritualsiswa’, Jurnal Pendidikan Religious, 2.1 (2020),

Adlini, Miza Nina, ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka’, Jurnal Edumaspul, 6.1 (2022),

Aprianto, Depri, Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 10 Dan 11 Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Media Informatika Dasana Indah, Bojong Nangka, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang, Provinsi Banten (Tangerang: Pelita Dunia, 2019)

Berkarya Dalam Kristus (Jakarta: Gunung Mulia)

Dr.Hasudungan simatupang, Pengantar Pendidikan Agama Kristen (Jakarta: ANDI, 2020)

Hendrawan, Sanerya, Spiritual Management (Bandung: PT Mizan Pustaka, 2009)

Jerry, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen (Sulawesi Tengah: Feniks Muda Sejahtera, 2023)

Kiswanto, Heri, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembinaan Rohani Siswa’, CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 4.1 (2023),

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)

Mutak, Alfius Areng, ‘Disiplin Rohani Sebagai Praktek Ibadah Pribadi’, Sola Gratika Jurnal Teologi Biblika Dan Pratika, 4.1 (2016),

Panjaitan, Salomo, ‘Pendidikan Agama Kristen Sebagai Strategi Menumbuhkan Iman Anak Didik Melalui Peran Guru Yang Paripurna Dimasa Pandemi Covid 19’, Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3.1 (2021)

Simatupang, Evi Nuriyani, ‘Pengaruh Kompetensi Spiritual Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Siswa’, JURNAL AREOPAGUS, 18.2 (2020), 171

Siramba, Febriyanti, ‘Menanggulangi Hambatan Pertumbuhan Iman Siswa Di SMA Negeri 4 Manado’, Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3.1 (2022),

Sitohang, Eliana, ‘Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII’, Edukasi : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 11.1 (2020),

Tafonao, Talizaro, ed., Peran Guru Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Digital, 2018

Tampubolon, Patar, ‘Pengaruh Kompetensi Spiritual Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen’, PROVIDENSI: Jurnal Pendidikan Dan Teologi, 3.1 (2020).

Timpal, Jeferson Davis Freny, ‘Pengaruh Kompetensi Spiritual, Pedagogik, Dan Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kualitas Belajar Mengajar Siswa’, Dunamis: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 6.2 (2022), 710

Tokan, Ratu Ile, Manajemen Penelitian Guru Untuk Pendidikan Bermutu (Jakarata: PT Grasindo, 2016)

Zega, Yunardi Kristian, ‘Radikalisme Agama Dalam Perspektif Alkitab Danimplikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen’, Jurnal Shanan, 4.1 (2020), 1–20




DOI: https://doi.org/10.59404/ijce.v4i1.178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Inculco Journal of Christian Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our Journal has been Indexed by:

      

                                                                                                                                                                                                                                        

MEMBERSHIP:

MEDIA SOSIAL :

 

                                                                                                                                                                                                                                         

Lisensi Creative Commons

Inculco Journal of Christian Education by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  

Based on a work at http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/index.

 

View My Stats