DASAR KAPABILITAS STUDENT LEARNING PROCESS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING

Indro Puspito, Melani Krisna Nosi Bune

Abstract


Pentingnya menekankan proses belajar bagi siswa untuk memperkuat sistem pendidikan maka dibutuhkan komponen dasar untuk membangun diri siswa salah satunya melalui cooperative learning. Pendidikan merupakan bisnis untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan kemampuan dasar sehingga terbentuknya citra diri siswa itu dalam mengembangkan setiap kemampuan yang mereka milik. Tujuan dari proses pembelajaran siswa melalui pendekatan Cooperatif  Learning saling berkaitan. Dalam konteks pendidikan, adanya keterlibatan siswa saling berinteraksi didalam kelas dengan memberikan tugas kelompok kecil dan hasilnya akan dipresentasikan kepada kelompok lain. Untuk meningkatkan keaktifan dan menciptakan peluang bagi siswa mengutarakan argumen-argumen yang dimiliki setiap siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dengan cara mengumpulkan data melalui dokumen, karya ilmiah dan internet. Hasil yang diperoleh dengan menerapkan cooperatif learning sangat membantu siswa dalam proses pendidikan agama Kristen dengan mewujudkan karakteristik siswa yang baik, aktif, menerima kekurangan orang lain dan saling memberikan dukungan atau motivasi.

 

The importance of emphasizing the learning process for students to strengthen the education system requires basic components to build students, one of which is through cooperative learning. Education is a business to equip students with basic ability knowledge so that the formation of students' self-image in developing every ability they have. The objectives of the student learning process through the Cooperative Learning approach are interrelated. In the context of education, there is the involvement of students interacting with each other in class by giving small group assignments and the results will be presented to other groups. To increase activeness and create opportunities for students to express the arguments that each student has. The method used in this research is qualitative with a literature study approach by collecting data through documents, scientific papers and the internet. The results obtained by applying cooperative learning greatly help students in the process of Christian education by realizing the characteristics of students who are good, active, accept the shortcomings of others and provide mutual support or motivation


Keywords


Dasar Kapabilitas, Proses Pembelajaran Siswa, Pendidikan Agama Kristen, Cooperative Learning

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. “Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter 3, no. 2 (2012): 164–178.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

Disdikpora. “Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif.” Disdikpora. Last modified 2016. Accessed December 15, 2024. https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/langkah-langkah-pembelajaran-kooperatif-13.

Ebta, Septiawan. “KBBI.” kemdikbud (pusat bahasa), 2015.

Hutapea, Rinto Hasiholan. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 1 (2019): 18–30.

Isminiati, Ch. “Peningkatan Hasil Pendidikan Nilai - Nilai Kehidupan Sosial Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif.” Dinamika Pendidikan 15, no. 1 (2008). http://staffnew.uny.ac.id/.

KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: Kemendikbud, 2006.

Kusumawati, Naniek. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE Media Grafika, 2019.

Lapik, Novianti Yanti, and Lily Eka Sari. “Implementasi Model Cooperative Learning Dalam Kegiatan Pembelajaran Tematik Dengan Perspektif Kristiani Di Kelas Va Sd Kristen X Surabaya.” Aletheia Christian Educators Journal 1, no. 1 (2020): 85–96.

Mardhiyah, Rifa Hanifa; Aldriani, Sekar Nurul Fajriyah; Chitta, Febyana; Zulfikar, Muhamad Riza. “Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.” pendidikan Lectura 12, no. 1 (2021): 187–193.

Masjudin, Masjudin. “PEMAHAMAN SISWA MATERI BARISAN DAN DERET.” JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) 4, no. 2 (1998): 76–84. https://media.neliti.com/media/publications/77445-ID-pembelajaran-kooperatif-investigatif-unt.pdf.

Moh suardi. Belajar Dan Pembelajaran. Edition 1. Yogyakarta: deepublish publisher, 2018.

Noddings, Nel. “Critical Thinking in Religious Education.” Education and Hope in Troubled Times: Visions of Change for Our Children’s World 18, no. 3 (2009): 147–156.

Pingga, Yulia Susanti. “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021): 201–222.

Purwanto, Eko Sigit. Strategi Pembelajaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2021.

Putri, Sartika Eka, and Ahmad Landong. “Efforts to Improve Student Learning Activities Using the Quantum Learning Model Theme of Events in Life Class V SD 101911 Sidodadi Batu 8 Pagar Merbau.” Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 10, no. 2 (2023): 273–283.

Ramdhan, Muhammad. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.

Richard, Arends. LEARNING TO TEACH : BELAJAR UNTUK MENGAJAR EDISI KETUJUH BUKU DUA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Rofiah, Nurul Hidayati. “Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MI/SD.” Journal of Chemical Information and Modeling 01, no. 01 (2013): 1689–1699.

Slavin, Robert E. Cooperatie Learning: Teori, Riset, Dan Praktik. Bandung : Nusa Media.,2011, 2011.

Yuberti. Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendidikan. Lampung: Anugerah Utama Rahardja, 2014.

Yulianingsih, Dwiati, and Stefanus Marbun Lumban Gaol. “Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 100–119.

Zebua, Afolo. “Dampak Pemahaman Siswa Tentang Pendidikan Agama Kristen Menurut 2 Timotius 3:14-17 Terhadap Minat Belajar” 2, no. 1 (2019).

Zubaidah, S. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online,” no. 2 (2020): 1–17.




DOI: https://doi.org/10.59404/ijce.v4i1.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Inculco Journal of Christian Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our Journal has been Indexed by:

      

                                                                                                                                                                                                                                        

MEMBERSHIP:

MEDIA SOSIAL :

 

                                                                                                                                                                                                                                         

Lisensi Creative Commons

Inculco Journal of Christian Education by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  

Based on a work at http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/index.

 

View My Stats