PEMBELAJARAN BERBASIS PERTANYAAN: MENDORONG SISWA UNTUK AKTIF BERTANYA DAN MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK

Roberth Edward Tabaleku, Alviana Maria Tanggu Dendo

Abstract


Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Indonesia mengalami permasalahan kualitas dan orientasi guru yang perlu ditingkatkan. Tantangan tersendiri adalah lemahnya pembelajaran berbasis soal dalam pendidikan agama Kristen, sehingga perlu dimutakhirkan agar peserta didik lebih aktif dan memperdalam pemahaman rohani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas pembelajaran berbasis pertanyaan dalam mendorong siswa Kristen untuk aktif bertanya dan berdampak positif terhadap prestasi akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang mencakup penerapan metode desk study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis pertanyaan efektif merangsang minat siswa, menciptakan diskusi mendalam, dan mempererat kolaborasi antar siswa. Peningkatan partisipasi siswa dalam proses tanya jawab tidak hanya meningkatkan pemahaman kolektif di dalam kelas, tetapi juga menciptakan suasana kelas yang dinamis dan inklusif. Dengan merancang pertanyaan yang relevan dan menantang, guru menciptakan suasana kelas yang mendukung dimana siswa merasa nyaman untuk berbagi pandangan mereka. Penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis pertanyaan dalam konteks PAK memberikan dampak positif terhadap prestasi akademik siswa Kristen, memberikan landasan moral, memfasilitasi pemahaman mendalam terhadap ajaran Kristen, dan memberdayakan siswa dalam menegaskan jati diri dalam kehidupan sehari-hari.

Christian Religious Education (PAK) in Indonesia experiences quality problems and teacher orientation that need to be improved. A particular challenge is the weakness of question-based learning in Christian religious education, which needs to be updated to make students more active and deepen spiritual understanding. The purpose of the study was to explore the effectiveness of question-based learning in encouraging Christian students to actively ask questions and its positive impact on students' academic achievement. The research method adopted a descriptive qualitative research approach that involved the application of the desk study method. The results showed that question-based learning effectively stimulates students' interest, creates in-depth discussions, and strengthens collaboration among students. Increased student participation in the question and answer process not only enhances collective understanding within the classroom, but also creates a dynamic and inclusive classroom atmosphere. By designing relevant and challenging questions, teachers create a supportive classroom atmosphere where students feel comfortable to share their views. This research confirms that question-based learning in the context of PAK has a positive impact on Christian students' academic achievement, provides a moral foundation, facilitates a deep understanding of Christian teachings, and empowers students to assert identity in daily life.


Keywords


Christian Religious Education; Question-based Learning; Student Achievement

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Strategi Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.

Boiliu, Esti Regina. “Pembelajaran PAK Di Era Digital: Sikap Inklusivisme Di Tengah Kemajemukan.” Jurnal Luxnos 7, no. 1 (2021): 77–89.

Boiliu, Fredik Melkias, and Merinda Maranatha Sitorus. “Analisis Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Center Learning Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 23 Jakarta.” DIDASKALIA : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2022): 97–107.

Duha, Asni Darmayanti. “Etika BerPendidikan Agama Kristen Bagi Kaum Perempuan Dalam Ibadah Menurut I Timotius 2:9- 10 Dan Aplikasinya Masa Kini.” Jurnal Teologi Berita Hidup 2, no. 2 (2020): 154–170.

Evi Dwi Krisna, I Gst Putu Sudiarta, and Gede Suweken. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Pertanyaan Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia 2, no. 1 (2013): 1–11.

Gaghunting, Maria Kezia, and Jessica Elfani Bermuli. “Strategi Partisipatif Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Pada Pembelajaran Biologi.” BIODIK 9, no. 3 (September 27, 2023): 86–101. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/15746.

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogjakarta: ANDI, 2012.

Hutapea, R. H., and Y. H. Dima. “Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–19.

Karyawati, Lisa. “Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2019): 140–153.

Khotimah, Annisaa Khusnul. “Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 4794–4801.

Kristiani, Dina. “Implementasi Model Teaching Learning Menurut Injil Matius Terhadap Guru-Guru Pendidikan Agama Kristen Di Kota Surakarta.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2018): 438–458.

Kuhns, Janet. “Mengajar Secara Kreatif.” Jurnal Jaffray 1, no. 1 (2005): 1–100. http://ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/article/view/171.

Majid, A. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Manullang, Juanda, Hasudungan Sidabutar, and Agustinus Manullang. “Efektifitas Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 5, no. 3 (2021): 502–509.

Nuriya, Hilyati, Prabowo, and Rahardjo. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Jejaring Pertanyaan Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Suhu Dan Kalor.” Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 10, no. 1 (2022): 327–334.

Ratung, Djoys Anneke. “Pendidikan Agama Kristen Untuk Keluarga Menurut Pola Asuh Keluarga Ishak Dalam Perjanjanjian Lama.” Jurnal Shanan 1, no. 2 (2029): 1–500.

Rifai, Andri. “Pendidikan Kristen Dalam Membangun Karakter Remaja Di Sekolah Menengah.” Antusias-Jurnal Teologi dan Pelayanan 2, no. 2 (2012): 1–17.

Sagala, Junaidy Alexander. “Pentingnya Mengembangkan Sikap Kritis Dalam Pendidikan Agama Kristen Di SMAN 12 Malinau.” Journal of International Multidisciplinary Research 1, no. 1 (2023): 81–101.

Sayani, Elvi, and Ani Sutiani. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pertanyaan Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Laju Reaksi.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia 2, no. 2 (2020): 97.

Ulfa, Maria, and Saifuddin. “Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran.” Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran (2018): 35–56.

Utari, Vivi, Ahmad Fauzan, and Rosha Media. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR Dalam Pokok Bahasan Prisma Dan Limas.” Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2012): 33–38.

Widyawati, Tutut, P. Budi Adnyana, and I. W. Sukra Warpala. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pertanyaan Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Banjar.” Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha 6, no. 2 (2019): 83–92. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPB/index.

Zaluchu, S.E. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28.

Zega, Yunardi Kristian. “Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James W. Fowler Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 12, no. 2 (2020): 140–151.




DOI: https://doi.org/10.59404/ijce.v4i3.186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Inculco Journal of Christian Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our Journal has been Indexed by:

      

                                                                                                                                                                                                                                        

MEMBERSHIP:

MEDIA SOSIAL :

 

                                                                                                                                                                                                                                         

Lisensi Creative Commons

Inculco Journal of Christian Education by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  

Based on a work at http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/index.

 

View My Stats