PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KREATIVITAS DAN INOVASI GURU DALAM MENCIPTAKAN KELAS YANG DINAMIS
Abstract
Pendidikan saat ini menghadapi tantangan signifikan, dengan kesulitan pemahaman materi oleh peserta didik yang disebabkan oleh pendekatan pengajaran tradisional dan rendahnya minat serta motivasi belajar, menekankan perlunya kreativitas dan inovasi guru untuk menciptakan kelas yang dinamis guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah merinci praktik-praktik kreatif dan inovatif yang dapat diterapkan oleh guru, mengukur dampaknya terhadap partisipasi dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan, melalui pendekatan ini, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi nyata pada pemahaman guru tentang bagaimana menciptakan kelas yang efektif dan memotivasi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan mengandalkan peran guru sebagai pembimbing utama yang memerlukan perencanaan yang sistematis. Kreativitas dan inovasi guru penting dalam proses pembelajaran, melibatkan penggunaan pendekatan kreatif dan respons terhadap dinamika kelas. Dalam manajemen kelas, tantangan kompleks dari dinamika sosial dan perkembangan teknologi membutuhkan inovasi terus-menerus untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan.
Education today faces significant challenges, with learners struggling to understand material due to traditional teaching approaches and low interest and motivation to learn, emphasizing the need for teacher creativity and innovation to create dynamic classrooms to improve learning effectiveness. The aim of this research is to detail creative and innovative practices that teachers can implement and measure their impact on learner participation and understanding. This research applies a descriptive qualitative method with a literature study approach. Based on the results of the study, it can be concluded that education relies on the role of the teacher as the main guide, requiring systematic planning. Teacher creativity and innovation are important in the learning process, involving the use of creative approaches and responses to classroom dynamics. In classroom management, the complex challenges of social and technological dynamics require constant innovation to improve learner motivation and learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Ramli. “Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Lantanida Journal 4, no. 1 (2016): 35–49.
Amalia, Nur, dan Diah Setiyani. “Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas IV SD Negeri I Tempursari Klaten Tahun 2013/2014.” Profesi Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2014): 63–70.
Ambarwati, Dewi, Udik Budi Wibowo, Hana Arsyiadanti, dan Sri Susanti. “Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 8, no. 2 (2021): 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560.
Anugraheni, Indri. “Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar guru-guru sekolah dasar.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 4, no. 2 (2017): 205–212.
Arikunto, Suharsini. Tentang Pengelolaan Kelas dan siswa sebuah pendekatan evaluative. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1986.
Benyamin, Priskila Issak, dan Febie Yolla Gracia. “Penerapan Model PAIKEM Pada Pendidikan Agama Kristen Berbasis CBSA Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Gracia Deo 4, no. 1 (2022): 169–177.
Chan, Faizhal, Agung Rimba Kurniawan, Novia Herawati, Rendi Nur Efendi, dan Jihan Sri Mulyani. “Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar.” International Journal of Elementary Education 3, no. 4 (2019): 439–446.
Efendi, Rinja, dan Delita Gustriani. Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Pasuruan: Penerbit Qiara Media, 2022.
Ekawati, Anastasia, dan Dewie Triwijayanti Wardono. “Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya inovatif terhadap kepuasan kerja karyawan.” Jurnal Ilmu Manajemen 2, no. 3 (2014): 735–747.
Fisher, R. “What is creativity? Unlocking Creativity: Teaching Across the Curriculum 6–20.” New York: Routledge, 2004.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Heryanto, Heryanto, dan Dita Fradilla. “Hubungan Guru Kreatif dan Inovatif dalam Pembelajaran dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 106833 Desa Wonosari Tanjung Morawa Deli Serdang.” Jurnal Curere 5, no. 1 (2021): 15–25.
Ilahi, Nisa Wiyati, dan Nani Imaniyati. “Peran Guru Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1, no. 1 (2016): 99–108.
Iskandar, Dian. “Implementasi kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.” Journal of Management Review 2, no. 3 (2018): 261–270.
Jaenudin, Ujen. “Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menyusun Rpp Sdn Kalapadua Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun 2017.” Journal of Chemical Information and Modeling Vol. 3, no. No. 2 (2017): 2580–6335.
Kaban, Raka Hermawan, Dewi Anzelina, Reflina Sinaga, dan Patri Janson Silaban. “Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (2020): 102–109.
Khotimah, Annisaa Khusnul, dan Sukartono Sukartono. “Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 4794–4801.
Koutrouba, Konstantina, Despoina-Aristea Markarian, dan Eleni Sardianou. “Classroom Management Style: Greek Teachers’ Perceptions.” International Journal of Instruction 11, no. 4 (2018): 641–656.
Lestari, Dwi Indah, dan Heri Kurnia. “Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital.” JPG : Jurnal Pendidikan Guru 4, no. 3 (2023): 205–222.
Limbong, Felia, dan Yonatan Alex Arifianto. “Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menerapkan Model Pembelajaran PAKEM.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (Juni 27, 2022): 41–51. http://e-journal.stttransformasi-indonesia.ac.id/index.php/teleios/article/view/41.
Lin, Yu-Sien. “Fostering creativity through education–a conceptual framework of creative pedagogy.” Creative education 2, no. 3 (2011): 149–155.
Monoyasa, Mahardika Wardhana, Raden Andi Sularso, dan Dewi Prihatini. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar dengan Motivasi dan Inovasi Guru Sebagai Variabel Intervening dieks Kota Administratif Jember.” Relasi: Jurnal Ekonomi 13, no. 2 (2017): 315–335. http://jurnal.stie-mandala.ac.id/index.php/relasi/article/view/120.
Novan, Ardy, Wiyani, dan Novan Ardy. Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Ole, Anita Amelia, dan Trinancy D. Makausi. “Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa.” Journal on Education 5, no. 1 (2022): 961–968.
Oliver, Regina M, dan Daniel J Reschly. Effective Classroom Management: Teacher Preparation and Professional Development. TQ Connection Issue Paper. Washington, DC: Vanderbilt Uni- versity, 2007.
Pentury, Helda Jolanda. “Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran Bahasa Inggris.” Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4, no. 3 (2017): 265–272.
Pingge, Heronimus Delu, dan Muhammad Nur Wangid. “Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar di kecamatan kota Tambolaka.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan 2, no. 1 (2016): 107–122.
Priansa, Donni Juni, Soni Suntani Sentiana, dan Ai Kasmanah. Kinerja dan Profesionalisme Guru: fokus pada peningkatan kualitas sekolah, guru, dan proses pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2014.
Purnasari, Pebria Dheni, dan Yosua Damas Sadewo. “Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan.” Publikasi Pendidikan 10, no. 2 (2020): 125–132.
Purnomo, Halim, dan Liyana Sunanto. “Pengelolaan kelas belajar di era 4.0.” Jurnal Elementaria Edukasia 3, no. 1 (2020): 112–119.
Rahmawati, Mega, dan Edi Suryadi. “Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4, no. 1 (2019): 49–54.
Sardiman, Arief M. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.
Setiawan, M. Hery Yuli. “Kreativitas Pendidik dalam Pengelolaan Kegiatan pada Pembelajaran Saintifik pada Implementasi Kurikulum PAUD 2013.” Jurnal AUDI 3, no. 2 (2018): 40–52. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud.
Sihotang, Hermanto. “Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 63–75.
Siramba, Febriyanti. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen Melalui Model Pembelajaran Kontekstual.” Jurnal Kewarganegaraan 6, no. 2 (2022): 4189–4195. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3685.
Suka, Plaun. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pakem pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Serawai Tahun Pelajaran 2018/2019.” Jurnal Penelitian Inovatif 2, no. 1 (2022): 115–132.
Sundari, Faulina. Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Jakarta: UI PGRI, 2017.
Tari, Ezra, dan Talizaro Tafonao. “Pendidikan Anak dalam Keluarga Berdasarkan Kolose 3:21.” Kurios 5, no. 1 (2019): 24–35.
Toriharan, Nanik Margaret ., Wiputra Cendana. “Upaya guru dalam adaptasi manajemen kelas untuk efektivitas pembelajaran daring.” Jurnal Perseda 3, no. 3 (2020): 134–140.
Warsita, Bambang. “Strategi Pembelajaran dan Implikasinya pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Teknodik 12, no. 1 (2018): 64–76. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/440.
Wulandari, Hayani, dan Dhena Agniya Zahra Nisrina. “Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 16 (2020): 345–354. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365.
Zaluchu, S.E. “Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif di dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28.
DOI: https://doi.org/10.59404/ijce.v4i3.190
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Inculco Journal of Christian Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal has been Indexed by:
MEMBERSHIP:
MEDIA SOSIAL :
Inculco Journal of Christian Education by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Based on a work at http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/index.
View My Stats