TRANSFORMASI KURIKULUM TEOLOGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN: INTEGRASI ISU SOSIAL KONTEMPORER DAN NILAI-NILAI KEKRISTENAN

Yamotani Waruwu, Shindi Shindi, Gregoria Silvestra Tfukani

Abstract


Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, pendidikan agama Kristen menghadapi tantangan untuk tetap relevan dan efektif. Penelitian ini berfokus pada kebutuhan untuk menyesuaikan kurikulum dengan dinamika sosial yang terus berubah, serta untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi kompleksitas dunia modern. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi kurikulum teologi pendidikan agama Kristen melalui integrasi isu-isu sosial kontemporer dan nilai-nilai kekristenan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang mencakup studi literatur dan analisis kasus dari institusi pendidikan Kristen yang berhasil mengintegrasikan teknologi dan isu sosial dalam kurikulumnya. Temuan menunjukkan bahwa integrasi isu sosial, seperti keadilan sosial dan tanggung jawab lingkungan, serta pemanfaatan teknologi, dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan relevansi pendidikan agama Kristen. Selain itu, evaluasi sistematis terhadap dampak transformasi kurikulum ini sangat penting untuk memastikan efektivitas pendidikan dalam membentuk karakter dan integritas individu.


Keywords


Transformasi Kurikulum, Pendidikan Agama Kristen, Isu Sosial

Full Text:

PDF

References


Andayanto, Yuhanes Kristi. “Christus Vivit: Menggagas Peran Orang Muda Yang Transformatif.” Media: Jurnal Filsafat Dan Teologi 3, no. 2 (2022): 194–211.

Anggal, Nikolaus, Yohanes Yuda, and Lorensius Amon. Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari, 2020.

Bako, Anggreni, and Azwar Ananda. “The Crisis of Religious Identity in the Young Generation.” MUHARRIK: Jurnal Dakwah dan Sosial 6, no. 1 (2023): 137–149.

Banks, James A. Cultural Diversity and Education: Foundations, Curriculum, and Teaching. Routledge, 2015.

Biaf, Raymon Imanuel, and Ezra Tari. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengembangkan Kepedulian Ekologi Pada Generasi Muda Kristen.” SOSPENDIS: Sosiologi Pendidikan dan Pendidikan IPS 2, no. 2 (2024): 119–129.

Bria, Selfiana, and Theresia Noviana Hoar. “Upaya Peningkatan Kurikulum Terhadap Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia.” Inculco Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 166–180.

Cooling, Trevor, and Robert A Bowie. “Christian Theology and School Religious Education (RE): Exploring the Relationship.” Theology 125, no. 1 (2022): 3–11.

Dakhi, Nella Novianti, and Sozawato Telaumbanua. “Panggilan Menjadi Pendidik Agama Kristen Yang Profesional Bagi Generasi Alpha.” HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 3, no. 2 (2023): 60–70.

Farida, S. “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Inovasi Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” In Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015. Vol. 1, 2015.

Ferrada, Donatila, Alejandra Seguel Briones, and Claudia Jara Espinoza. “The Transformation of the Curriculum in the Linking Worlds Dialogic Pedagogy.” Dialogic Pedagogy 11, no. 1 (2023): 108–128.

Fortinasari Paulina, Besty, Wahyu Anggraeni Candradewi, and Susanti Malasari. “Digital Storytelling Sebagai Media Pembelajaran Yang Kreatif Dan Inovatif Di Era New Normal.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 1 (2022): 24–32. http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp24-32.

Frederik, Hanny, and Randy Frank Rouw. “Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Pengejawantahan Mandat Budaya Kejadian 1: 28 Dalam Gereja Lokal.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 4, no. 2 (2022): 444–461.

Heinz, Donald. “COVID-19 and Religion.” Religions 14, no. 4 (2023): 78.

Naibaho, Dorlan, and Rani Apriana Purba. “Peningkatan Keterampilan Interaksi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD) 3, no. 3 (2023): 92–98.

Neliwati, Neliwati, Hadi Lapian Pohan, and Faisal Fahmi Rambe. “Manajemen Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 2 (2024): 246–253.

Pancarani, Yuni. “Refleksi Tentang Penginjilan, Kristenisasi, Dan Moderasi Beragama Di Era Modern.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 7, no. 1 (2024): 17–29.

Pedro, Francesc, Miguel Subosa, Axel Rivas, and Paula Valverde. “Artificial Intelligence in Education: Challenges and Opportunities for Sustainable Development” (2019).

Rambe, Wahyuni Aflah, Edwin Musdi, Suherman Suherman, and Ali Asmar. “Pengembangan Video Interaktif Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 13, no. 2 (2024).

Schwab, Klaus. The Fourth Industrial Revolution. Crown Currency, 2017.

Siallagan, Thomson, Andi Sadarita, Jamli Barus, and Metra Kartini Simanungkalit. “Pola Pendidikan Agama Kristen Di Gereja.” ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 2 (2023): 124–140.

Simbolon, Rempi, and Mesnika Simarmata. “Exploring Dynamics, Challenges, and Synergies in Contemporary Christian Communities.” Ministries and Theology 1, no. 1 (2023): 1–6.

Simuț, Corneliu C. “Teaching Religion as Change for Social Transformation in Contemporary African and Non-African Universities: A South African Manifesto.” HTS Teologiese Studies/Theological Studies 79, no. 2 (2023): 169.

Situmorang, Anen Mangapul, and Alexander Naulus Rupidara. “Proposal Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen (Pak) Dewasa Berpusat Pada Teknologi (Technological-Centered Design) Di Gereja.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 4, no. 2 (2023): 131–143.

Suparno, Paul. “Reformasi Pendidikan: Sebuah Rekomendasi.” 78–80. Yogyakarta: Kanisius, 2012.

Waters, Brent. From Human to Posthuman: Christian Theology and Technology in a Postmodern World. Routledge, 2016.




DOI: https://doi.org/10.59404/ijce.v5i1.228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Inculco Journal of Christian Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our Journal has been Indexed by:

      

                                                                                                                                                                                                                                        

MEMBERSHIP:

MEDIA SOSIAL :

 

                                                                                                                                                                                                                                         

Lisensi Creative Commons

Inculco Journal of Christian Education by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  

Based on a work at http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/index.

 

View My Stats