PENDEKATAN SISTEMATIS DALAM ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENCAPAI PEMBELAJARAN HOLISTIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulah, M. K., I. K. Fauzi, and A. Sudrajat. “Manajemen Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan.” Jurnal Simki Pedagogia 5, no. 2 (2022): 200–208.
Aidiana, R., M. Misdalina, and I. Suryani. “Analisis Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 195 Palembang.” Journal on Education 5, no. 4 (2023): 11884–11893.
Al-Jannah, Selviana, and Hery Noer Aly. “Kurikulum Sebagai Pilar Pengembangan Individual Siswa SMA: Pendekatan Holistik Untuk Masa Depan Yang Berkilau.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 4 (2023): 540–548.
Jojor, A., and H. Sihotang. “Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Learning Loss Di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan).” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5150–5161.
Lestari. “Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru.” ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis 2, no. 2 (2020): 38–55.
Mu’minah, Iim Halimatul, and Yeni Suryaningsih. “Implementasi STEAM (Science, Technology, Arts and Matematics) Dalam Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Bio Education 5, no. 1 (2020): 65–73.
Mujab, S., A. T. R. Rosa, and W. S. Gumelar. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu).” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5, no. 2 (2023): 1538–1545.
Mulkan, Lalu Maksudy, and Lalu Mathlubi Ali Zunnun. “Analisis Implementasi Kurikulum: Faktor Tantangan Dan Solusi Strategis Di Lingkungan Pendidikan.” PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 2 (2024): 112–120.
Nababan, Andrianus, Ordekoria Saragih, and Rawatri Sitanggang. Pengembangan Kurikulum PAK Berbasis Sekolah. Taruntung: IAKN, 2022.
Prasetyo, A. “Pendekatan Pustaka Dalam Penelitian Kualitatif: Studi Kasus Dan Metode Pengumpulan Data.” Jurnal Metode Penelitian 18, no. 2 (2021): 89–101.
Putri, Allya Esa. “Pendekatan Sistematis Dalam Pengembangan Perencanaan Pembelajaran.” Karimah Tauhid 3, no. 5 (2024): 5967–5975.
Putri Asifa, Hade Afriansyah. “Pengertian Dan Proses Administrasi Kurikulum.” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan 10, no. 1 (2019): 52–62.
Rahman, Sunarti. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, 2021.
Rahmawati, Lili, Romizah, and Zulhadi. “Peranan Penting Administrasi Kurikulum Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) 1, no. 2 (2023): 263–268.
Rusmiati, M. N., R. Ashifa, and Y. T. Herlambang. “Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 7, no. 2 (2023): 1490–1499.
Sanusi Herman. “Implementasi Pembalajaran Holistik Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Siswa.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL 1 (2019): 23–34. https://www.ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/351.
Satrio, Lias Hasibuan, Kasful Anwar Us, and Ahmad Fadhil Rizki. “Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Tinjauan Administasi Sekolah.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management 4, no. 2 (2021): 92–101. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/view/13057.
Simanjuntak, Mariati Purnama, Lastama Sinaga, Aristo Hardinata, and Halim Simatupang. Pengembangan Program Dalam Pembelajaran. Science Signaling. Vol. 11. Jakarta: Pustaka Media, 2014. http://webs.ucm.es/info/biomol2/Tema 01.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.addr.2009.04.004.
Simon, Paulus Olak Wuwur E. “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2023): 1–9.
Sukatin. Administrasi Pendidikan. Sumatera Barat: CV. Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Turnip, Helena, Sriwati Sihombing, Sulastri Lumban Gaol, Yosafat Timothy, and Limbong. “Administrasi Kurikulum.” Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 133–138. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/57/51.
Ulfah Fauziah, Siti Qomariyah, Siti, and Najrul Natadireja Babullah, Rubi Jimatul Rizki. “Konsep Pendidikan Holistik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Assajidin Sukabumi.” Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika 1, no. 5 (2023): 33–44. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/view/315.
DOI: https://doi.org/10.59404/ijce.v5i1.234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Inculco Journal of Christian Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal has been Indexed by:
MEMBERSHIP:
MEDIA SOSIAL :
Inculco Journal of Christian Education by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Based on a work at http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/index.
View My Stats