PENDEKATAN SISTEMATIS DALAM ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENCAPAI PEMBELAJARAN HOLISTIK

Darwis Lodowich Laana

Abstract


Kurikulum yang holistik berfokus pada perkembangan siswa secara menyeluruh, mencakup aspek kognitif, emosional, sosial, dan spiritual. Untuk mencapai pembelajaran yang holistik, manajemen kurikulum yang sistematis sangat diperlukan. Pengelolaan kurikulum yang baik mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi yang terintegrasi, serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Namun, dalam praktiknya, terdapat berbagai tantangan yang dapat menghambat implementasi kurikulum holistik, seperti kurangnya kompetensi guru dan keterbatasan sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pendekatan sistematis yang dapat mendukung administrasi kurikulum dalam mencapai pembelajaran holistik, (2) mengidentifikasi elemen-elemen penting yang berfokus pada pembelajaran holistik, dan (3) mengetahui tantangan yang muncul dalam implementasi kurikulum holistik serta solusi yang dapat diambil. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang efektif melibatkan penentuan tujuan pendidikan yang jelas, penyusunan isi kurikulum yang relevan, serta penerapan strategi pembelajaran yang adaptif dan integratif dengan teknologi. Selain itu, tantangan utama dalam implementasi kurikulum holistik adalah kurangnya kompetensi guru dan sarana prasarana yang memadai. Oleh karena itu, pelatihan berkelanjutan bagi guru dan peningkatan fasilitas pendidikan sangat penting untuk mendukung keberhasilan pembelajaran holistik.

Keywords


Pendekatan Sistematis, Administrasi, Manajemen, Kurikulum, Pembelajaran Holistik

Full Text:

PDF

References


Abdulah, M. K., I. K. Fauzi, and A. Sudrajat. “Manajemen Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan.” Jurnal Simki Pedagogia 5, no. 2 (2022): 200–208.

Aidiana, R., M. Misdalina, and I. Suryani. “Analisis Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 195 Palembang.” Journal on Education 5, no. 4 (2023): 11884–11893.

Al-Jannah, Selviana, and Hery Noer Aly. “Kurikulum Sebagai Pilar Pengembangan Individual Siswa SMA: Pendekatan Holistik Untuk Masa Depan Yang Berkilau.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 4 (2023): 540–548.

Jojor, A., and H. Sihotang. “Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Learning Loss Di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan).” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5150–5161.

Lestari. “Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru.” ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis 2, no. 2 (2020): 38–55.

Mu’minah, Iim Halimatul, and Yeni Suryaningsih. “Implementasi STEAM (Science, Technology, Arts and Matematics) Dalam Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Bio Education 5, no. 1 (2020): 65–73.

Mujab, S., A. T. R. Rosa, and W. S. Gumelar. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu).” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5, no. 2 (2023): 1538–1545.

Mulkan, Lalu Maksudy, and Lalu Mathlubi Ali Zunnun. “Analisis Implementasi Kurikulum: Faktor Tantangan Dan Solusi Strategis Di Lingkungan Pendidikan.” PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 2 (2024): 112–120.

Nababan, Andrianus, Ordekoria Saragih, and Rawatri Sitanggang. Pengembangan Kurikulum PAK Berbasis Sekolah. Taruntung: IAKN, 2022.

Prasetyo, A. “Pendekatan Pustaka Dalam Penelitian Kualitatif: Studi Kasus Dan Metode Pengumpulan Data.” Jurnal Metode Penelitian 18, no. 2 (2021): 89–101.

Putri, Allya Esa. “Pendekatan Sistematis Dalam Pengembangan Perencanaan Pembelajaran.” Karimah Tauhid 3, no. 5 (2024): 5967–5975.

Putri Asifa, Hade Afriansyah. “Pengertian Dan Proses Administrasi Kurikulum.” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan 10, no. 1 (2019): 52–62.

Rahman, Sunarti. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, 2021.

Rahmawati, Lili, Romizah, and Zulhadi. “Peranan Penting Administrasi Kurikulum Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) 1, no. 2 (2023): 263–268.

Rusmiati, M. N., R. Ashifa, and Y. T. Herlambang. “Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 7, no. 2 (2023): 1490–1499.

Sanusi Herman. “Implementasi Pembalajaran Holistik Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Siswa.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL 1 (2019): 23–34. https://www.ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/351.

Satrio, Lias Hasibuan, Kasful Anwar Us, and Ahmad Fadhil Rizki. “Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Tinjauan Administasi Sekolah.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management 4, no. 2 (2021): 92–101. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/view/13057.

Simanjuntak, Mariati Purnama, Lastama Sinaga, Aristo Hardinata, and Halim Simatupang. Pengembangan Program Dalam Pembelajaran. Science Signaling. Vol. 11. Jakarta: Pustaka Media, 2014. http://webs.ucm.es/info/biomol2/Tema 01.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.addr.2009.04.004.

Simon, Paulus Olak Wuwur E. “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2023): 1–9.

Sukatin. Administrasi Pendidikan. Sumatera Barat: CV. Insan Cendekia Mandiri, 2021.

Turnip, Helena, Sriwati Sihombing, Sulastri Lumban Gaol, Yosafat Timothy, and Limbong. “Administrasi Kurikulum.” Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 133–138. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/57/51.

Ulfah Fauziah, Siti Qomariyah, Siti, and Najrul Natadireja Babullah, Rubi Jimatul Rizki. “Konsep Pendidikan Holistik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Assajidin Sukabumi.” Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika 1, no. 5 (2023): 33–44. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/view/315.




DOI: https://doi.org/10.59404/ijce.v5i1.234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Inculco Journal of Christian Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our Journal has been Indexed by:

      

                                                                                                                                                                                                                                        

MEMBERSHIP:

MEDIA SOSIAL :

 

                                                                                                                                                                                                                                         

Lisensi Creative Commons

Inculco Journal of Christian Education by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  

Based on a work at http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/index.

 

View My Stats