PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN NILAI MORAL REMAJA MASA KINI
Abstract
Pendidikan Agama Kristen memiliki peran sentral dalam membentuk nilai moral remaja masa kini yang dihadapkan pada berbagai tantangan dan perubahan zaman. Remaja masa kini mengalami krisis moral yang kompleks, dipengaruhi oleh dinamika globalisasi, perkembangan teknologi, dan perubahan budaya. Tujuan dari artikel ini adalah 1). Untuk mengetahui tantangan pendidikan agama kristen di era remaja masa kini; 2). Pendidikan agama kristen sebagai fondasi nilai moral remaja masa kini; 3). Kontribusi pendidikan agama kristen dalam membentuk nilai-nilai moral remaja masa kini. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Hasil yang ditemukan adalah 1). Untuk mengatasi tantangan ini, pendidikan Agama Kristen perlu mengembangkan strategi yang responsif, termasuk memberikan panduan moral Kristen yang sesuai, memfasilitasi pemahaman identitas Kristiani, dan menciptakan lingkungan pembelajaran menarik. Dukungan terhadap kesehatan mental dan emosional remaja serta penguatan keterlibatan gereja juga menjadi bagian penting dalam menanggapi krisis moral remaja; 2). Pendidikan agama Kristen merupakan suatu upaya yang memiliki tujuan utama untuk memuliakan Allah, dengan Alkitab sebagai dasar utamanya. Didukung oleh nilai-nilai pendidikan Kristen, proses ini mengajak individu untuk mengenal pribadi Kristus, dan menjadikan ajaran Alkitab sebagai panduan hidup; 3). Dengan memberikan fondasi nilai Kristen, mendorong penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan beradaptasi dengan dinamika kontemporer.
Christian education has a central role in shaping the moral values of today's adolescents who are faced with various challenges and changing times. Today's youth are experiencing a complex moral crisis, influenced by the dynamics of globalization, technological development, and cultural change. The purpose of this article is 1). To know the challenges of Christian education in today's adolescent era; 2). Christian religious education as the foundation of moral values of today's youth; 3). The contribution of Christian religious education in shaping the moral values of today's youth. The method used is qualitative with a literature approach. The results found are 1). To address these challenges, Christian education needs to develop responsive strategies, including providing appropriate Christian moral guidance, facilitating understanding of Christian identity, and creating an engaging learning environment. Support for adolescent mental and emotional health and strengthening church involvement are also important parts of responding to the youth moral crisis; 2). Christian religious education is an effort that has the primary purpose of glorifying God, with the Bible as its main basis. Supported by the values of Christian education, this process invites individuals to know the person of Christ, and makes the teachings of the Bible a guide to life; 3). By providing a foundation of Christian values, encouraging the application of these values in everyday life, and adapting to contemporary dynamics.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baidhawy, Z. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2015.
Budiyana, Hardi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Solo: Berita Hidup Seminary, 2011.
Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1–14.
Dhandi, Gabriel, Sutrisno, and Yusak Tanasyah. “PenerapanTeori Donald S. Whitney Dalam Pembinaan Spritualitas Remaja Kristen Di PPA GBT Kristus Ajaib Tulungagung.” Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2023): 97–107.
Gea, Willyam Resti Andriani, Analisa Gea, and Elieser Marampa. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Kristen Terhadap Pembentukan Moral Anak Sejak Dini.” METANONIA 5, no. 2 (2023): 252–260.
GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI, 2012.
Imeldawati, Tiur, Binur Panjaitan, and Warseto Freddy Sihombing. “Pendidikan Agama Kristen Di Masa Lalu-Masa Kini Dan Pada Persfektif Masa Depan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 13605–13614.
Khaironi, Mulianah. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi 01, no. 2 (2017): 82–89.
Laana, Darwis Lodowich, and Urbanus Sukri. “LIFE STYLE: PERILAKU MAHASISWA MASA KINI DAN PENGARUH MEDIA SOSIAL.” Inculco Journal of Christian Education 3, no. 2 (2019): 175. http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/article/view/27/35.
Listari, Lasmida. “Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah).” (J-PSH) Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora 12, no. 1 (2021): 7.
Napitupulu, Tina Natalia, and Victor Deak. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Moral Remaja.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) 1, no. 3 (2022): 627–640.
Sanderan, Rannu. “INTUISI: Pendalaman Gagasan Hans-George Gadamer Tentang Intuisi Sebagai Supralogika.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 2 (2020): 114–125.
Simanjuntak, Junihot. Ilmu Belajar Dan Didaktika Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2017.
Stevanus, K. “Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak.” BIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstua 1, no. 1 (2018): 79–95.
Sumantrie, P., and E. J. Sembiring. “Implementasi Kepemimpinan Kristen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Yang Dikelola Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.” PROSIDING STT Sumatera Utara 1, no. 1 (2021): 180–190.
Syifa, L., E. S. Setianingsih, and J. Sulianto. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4 (2019): 538.
Tafonao, Talizaro, Ya Gulo, and Tri Murni Situmeang. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen Pada Anak Usia Dini Di Era Teknologi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 4847–4859.
Tanyid, Maidiantius. “ETIKA DALAM PENDIDIKAN : KAJIAN ETIS TENTANG KRISIS MORAL BERDAMPAK PADA PENDIDIKAN.” Jurnal Jaffray 12, no. 2 (2014).
Telaumbanua, Arozatulo. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Fidei 1, no. 2 (2022): 219–231.
Tilaar, H. A. R. Kekuasaan Dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2019.
Tubagus, Steven. “Kajian Teologis Tentang Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab.” Bonafide: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 180–196.
Wijaya, Hengki. Metode-Metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik In Strategi Menulis Jurnal Untuk Ilmu Teologi. Semarang: Golden Gate Publishing, 2020.
Willis, S. Sofyan. Remaja Dan Masalahnya. Badung: Alfabeta, 2014.
DOI: https://doi.org/10.59404/ijce.v4i1.188
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Inculco Journal of Christian Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal has been Indexed by:
MEMBERSHIP:
MEDIA SOSIAL :
Inculco Journal of Christian Education by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Based on a work at http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/index.
View My Stats