LIFE STYLE: PERILAKU MAHASISWA MASA KINI DAN PENGARUH MEDIA SOSIAL
Abstract
Abstrak: Pada masa kini terjadi perubahan global dan perkembangan di tengah kehidupan, dengan semakin canggihnya teknologi informasi membuat mahasiswa sangat mudah untuk mengakses informasi yang diinginkan. Dengan perubahan yang sangat cepat ini muncullah berbagai gaya hidup modern yang serba instan yang mempengaruhi perilaku mahasiswa. Media sosial memiliki karakteristik unik dan memberikan efek menyenangkan sehingga mahasiswa tertarik terhadap fasilitasnya untuk digunakan secara terus menerus. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Bagaimanakah perilaku mahasiswa terhadap gaya hidup modern? (2). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap gaya hidup mahasiswa? Metode yang digunakan jenis artikel konseptual atau artikel hasil pemikiran merupakan analisa pemikiran terhadap fenomena-fenomena masalah yang muncul. Hasil dari penelitian (1). Perilaku mahasiswa terhadap gaya hidup modern yang sangat terlihat jelas yaitu: perilaku konsumtif dan hedonis. Gaya hidup lebih menggambarkan perilaku seseorang, yaitu bagaimana mereka hidup, menggunakan uangnya dan memanfaatkan waktu yang dimilikinya. (2). pengaruh media sosial bagi mahasiswa mempunyai dampak positif maupun negatif. Jika ditelaah tujuan dari media sosial yaitu sebagai alat untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, dan jika penggunaan media sosial dilakukan secara tepat dari segi tempat, waktu, dan tujuan penggunaannya, maka pengaruh negatif dari media sosial akan dapat dikurangi.
Abstract: Nowadays, there are global changes and developments in the midst of life, with increasingly sophisticated information technology making it very easy for students to access the information they want. With this very rapid change, various instantaneous modern lifestyles have emerged that affect student behavior. Social media has unique characteristics and gives a pleasant effect so that students are interested in its facilities to be used continuously. The purpose of this research is to find out 1). How is the student's behavior towards the modern lifestyle? (2). The effect of using social media on student lifestyle? The method used is a conceptual article or a thought-provoking article, which is an analysis of the thoughts of the problem phenomena that arise. The results of the study (1). Student behavior towards the modern lifestyle that is very clearly visible, namely: consumptive and hedonic behavior. Lifestyle describes a person's behavior, namely how they live, use their money and take advantage of the time they have. (2). The influence of social media for students has a positive or negative impact. If we examine the purpose of social media, namely as a tool to communicate and obtain information, and if the use of social media is carried out appropriately in terms of place, time, and purpose of use, the negative influence of social media will be reduced.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. L. Brown & J.C. Campione, “Psychological Theory and the Study of Learning Disabilities”. American Psychologist, 41(10), 1059–1068, (1986). https://doi.org/10.1037/0003-066X.41.10.1059.
A. Schrock, Myspace Or Ourspace: A Media System Dependency View of Myspace. Florida: University of Central Florida, 2006
Adler, Alfred. What Life Should Mean To You. Yogyakarta: Alenia. 2004.
Adlin, Alfathri Gaya Hidup Teori dan Realistis. Yogyakarta: Jalasutra, 2006.
Ahmadi dan Hermawan, E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi, 2013.
Ambar, Wahyu Sri. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Multi Karya Mulia, 2007.
Ardyansyah, Subianto Surya. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika ITN Malang. Malang: Institut Teknologi Nasional Malang, 2015.
Arum Wahyuni Purbohastuti, “Perilaku Mahasiswa Terhadap Media Sosial.” Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(2), 237-253, (2019). http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v11i2.6061
Ayuni, Pudjo Suharso dan Sukudin, “Perubahan Gaya Hidup Mahasiswa Universitas Abdurachaman Saleh Situbondo; Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dalam menggunakan Kosmetik,” Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 1-12, (2019).DOI: 10.33369/jsn.5.2.126-139
Bekti., S. Istiyanto, “Telepon Genggam dan Perubahan Sosial.” Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(2), 58-63. (2015). DOI:10.25008/jkiski.v1i1.36
Chaplin, J.P. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Grafindo Persada, 2006.
E. I. D. Artvianti, “Identitas diri Mahasiswa Heavy User Media Sosial.” Journal Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, 4(2) 122-138, (2016). https://doi.org/10.24198/jkk.v4i2
Emerging adulthood adalah suatu tahapan perkembangan yang muncul setelah individu mengalami melewati masa remaja (adolescence) dan sebelum memasuki masa dewasa awal (young adulthood), dengan rentang usia antara 18 hingga 29 tahun.
Fahlepi Roma Doni,``Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja``, Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2) (2017) https://doi.org/10.31294/ijse.v3i2.2816
Fransisca & Suyasa, “Perbandingan Perilaku Konsumtif berdasarkan Metode Pembayaran.” Jurnal Phronesis, 7(2), 172-199, (2005).
Griffiths, M. “Does Internet adn Computer Addiction Exist: Some Case Study Evidence.” Journal of Cyber Phisicology and Behaviour, 3(2): 211- 218 (2001). DOI:10.1089/109493100316067
Gushevinalti, “Telaah kritis perspektif Jean Baudrilard pada Perilaku Hedonisme Remaja.” Jurnal Idea Fisipol UMB, 4(15), 45-59, (2010). doi: 10. 15575/psy.v3i2.1109
Idris MH Noor, “Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat di perguruan Tinggi.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 17(2), 308-125, (2011). https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i3.27
K. S. Young, “Internet Addiction: The Emergence Of A New Clinical.” Disorder. Cyber Psychology and Behavior. 1(3), 237-244. (2009). DOI: 10.1089/cpb.1998.1.237
Kandell, J. J, “Internet Addiction On Campus: The Vulnerability Of College Students,” Cyberpsychology & Behavior. 1(1). 1-13, (1998). DOI: 10.1089/cpb.1998.1.11
Kotler. Phlip, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta, Prenhallindo, 2002.
Louis Leung, “Stressful Life Events, Motives for Internet Use, and Social Support Among Digital Kids” Cyber Psychology & Behavior. 10(2):204-14, (2007). DOI:10.1089/cpb.2006.9967
Maulana, Herdiyan, Gumelar, & Gumgum, Psikologi Komunkasi dan Persuasi. Jakarta: Akademia Permata, 2012.
Melis, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Kepribadian Mahasiswa,” Stebis Igm Palembang: Jurnal Syariah, 4(2), 335-344, (2016). https://doi.org/10.32507/mizan.v4i2.186
Mowen, John C. & Michael Minor, Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga, 2002.
Nadzir. M, & T. M. Ingarianti, Psychological Meaning of Money dengan Gaya Hidup Hedonis Remaja. Malang: Psychology Forum Umum, 2015.
Nasrula, Rulli. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama, 2015).
Natoatmodjo, S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Nina Ta’diampang, Implementasi Gaya Hidup Modern Mahasiswa IAKN Toraja Masa Kini Dalam Masyarakat. Bia: Jurnal dan Pendidikan Kontekstual. 3(1), 1-7, (2020). http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/xywgq
Oetama & Zainuddin, Sejarah Media Sosial. Jakarta: Obor Indonesia, 2006.
Pilang, Yasraf A. Bayang-bayang Tuhan: Agama dan Imajinasi. Bandung: Mizan, 2011.
Raisi. Kootesh, & Ziapour, Online Communication and Adolescent Relationship The Future of Children. Zahedan: Department of Clinical Psychology, 2016.
Rudiantara & A. Rusli, Social Media Indonesia. Jakarta: Literasi Digital, 2017.
Safuwan, “Gaya Hidup, Konsumerisme dan Modernitas,” Jurnal Suwa Universitas Malikusaleh, 5(1), 1-15.(2007) DOI: 10.31219/osf.io/nsf8h
Siti Hartina, Aat Sriati, Cecep Ali Kosasih, “Gambaran Tingkat Gejala Kecanduan Media Sosial pada Mahasiswa Kpererawatan Universitas Padjadjaran”, Jurnal Keperawatan BS . 3(1), 124, (2019) https://doi.org/10.31311/jk.v7i1.4769
Smahel, D., Brown, B. B., & Blinka, L, “Associations between Online Friendship and Internet Addiction among Adolescents and EmergingAdults,” Developmental Psychology 48(2), 381-288 (2012.) DOI: 10.1037/a0027025
Sumartono, Terperangkap dalam Iklan. Bandung: Alfabeta, 2020.
Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.
Suratno, Bondan & Catur Rismiati, Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta: Kanisius, 2001.
T. Haryono dan Daniel Fajar Panuntun, “Model Gaya Hidup Nazir Sebagai Refleksi Gaya Hidup Hedon Pengkhotbah Pada Zaman Millennial,” Evangelical: Jurnal Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3(2), 174-184 (2019). https://doi.org/10.46445/ejti.v3i2.146
Wilga S. R. Putri, Nunung Nurwati, Meilanny Budiarti S. Pengaruh, “Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja” Prosiding Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 59-68, (2016), https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
Zeitel-Bank, N. and U. Tat, “Social Media and Its Effects on Individuals and Social Systems. USA: Manag, 2014.
DOI: https://doi.org/10.59404/ijce.v2i1.27
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Inculco Journal of Christian Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal has been Indexed by:
MEMBERSHIP:
MEDIA SOSIAL :
Inculco Journal of Christian Education by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Based on a work at http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/index.
View My Stats